usahacerdas.com - Dalam dunia usaha memang sering
kali seorang membutuhkan tambahan biaya modal guna memperbesar usaha yang
mereka miliki baik itu dengan cara meminjam uang di Bank ataupun dengan cara
mencari seorang investor yang berniat menanamkan modal di usaha mereka, namun
untuk mencari tambahan modal tentu anda membutuhkan sebuah surat keterangan
atau yang lebih dikenal dengan istilah Proposal guna memberikan keterangan
jenis usaha, modal biaya dan juga berapa omset keuntungan yang diperoleh setiap
bulannya hal ini digunakan agar calon investor (penanam saham) tertarik untuk
menamkan modal mereka, nah jika anda sedang mencari ide tentang bagaiamana cara
membuat contoh Proposal untuk usaha kecil anda
mungkin ada baiknya jika anda menyimak contoh proposal usaha kecil minuman yang
akan saya bahas di bawah ini
Proposal Usaha Kecil Minuman
Deskripsi Pengenalan Usaha
Nama Usaha
:
Jus Buah Manis Kaya rasa
Bentuk Usaha : Industri Kecil Mengenah
Jenis Usaha : CV Perseorangan
Nama Pemilik Usaha : Ahmad Winardi
Alamat : Jalan Hayam Wuruk RT 1 RW 2 Sleman,
Yogyakarta
DAFTAR ISI
BAB I. PENDAHULUAN
A.
LatarBelakang.................................................1
BAB II. RUMUSAN MASALAH
A. Perumusan Visi Usaha.....................................2
B. Perumusan Misi Usaha....................................3
C. Tujuan didirikannya Usaha Ini.......................4
BAB III. PEMBAHASAN
A. Jenis Produk Usaha...............................................5
B. Modal Usaha Minuman.........................................6
C. Biaya operasional Usaha Minuman......................7
D. Omset per bulan....................................................8
E. Waktu Kegiatan Produksi......................................9
F. Jumlah Karyawan..................................................10
BAB IV. ASPEK PEMASARAN
A. Segmen Pasar..........................................................11
B. Strategi Pemasaran..................................................12
C. Promosi Usaha.........................................................13
D. Sistem
Penjualan/Distribusi....................................14
BAB V. PENUTUP
Kesimpulan...................................................................15
Kesimpulan...................................................................15
BAB I: PENDAHULUAN
Latar
Belakang Berdirinya Usaha
Dewasa ini usaha kecil
mengenah atau UKM telah menjadi trends bisnis yang sangat menguntungkan bagi
seornag pengusaha, banyaknya konusmen yang membutuhkan suatu proudct seperti
makanan atau minuman membuat peluang usaha kecil ini kian berkembang dengan
subur di Inonesia, atas dasar inilah yang menjadi prioritas utama kami untuk
membangun sebuah usaha kecil minuman yang bergizi dan tentunya sehat untuk
dikonsumsi.
Jus buah manis kaya rasa
ini kami produksi dari buah-buahan yang berkualitas dan juga kami datangkan
langsung dari petani yang menanam buah ini, selain itu juga sebelum kami
mengolahnya menjadi produk minuman jus kami menyeleksi buah-buahannya terlebih
dahulu, hal ini kami lakukan agar produk yang kami buat benar-benar berkualitas
dan agar lolos seleski yang dilakukan oleh badan pengawas obat dan makanan
(BPOM)
sedangkan untuk harga jus
buah manis kaya rasa ini kami bandrol dengan harga yang relatif terjangkau
sebab kami memang berencana menargetkan pangsa pasar kelas mengenah ke bawah,
dengan beberapa pertimbangan diatas maka kami sangat yakin bahwa usaha kami ini
akan mencapai kesuksesan dalam waktu dekat, menginat tingkat persaingan dalam
peluang usaha minuman relatif lebih sedikit dibandingkan peluang usaha makanan,
Adapun latar belakang didirikannya peluang usaha minuman ini adalah :
1) Masyarakat Indonesia membutuhkan minuman yang sehat bergizi.
2) Dengan produk kami yang berkualitas
diharapkan konsumen akan puas
3) Bahan baku jus buah kaya rasa
ini mudah diperoleh dan harganya pun sangatlah murah.
BAB II : RUMUSAN MASALAH
Perumusan
Visi Usaha
Visi dalam usaha yang
kami lakukan ialah memproduksi minuman jus buah kaya rasa sebagai salah satu
peluang usaha kecil menengah di Indonesia, menyediakan produk berkualitas untuk
masyarakat merupakan salah satu visi kami, dengan cara ini kami mengharapkan
bisa mendapat keuntungan usaha yang maksimal
Perumusan
Misi Usaha
- Proses produksi yang praktis, higienis dan sangat efisien baik dari tempat, alat dan bahan-bahan yang kami gunakan.
- Menjaga cita rasa produk yang kami jual
- Memberikan pelayanan ekstra kepada konsumen
- Dengan rasa yang khas dan harga yang terjangkau kami mengharapkan kepuasaan
- Memperkenalkan cara mengelola buah-buahan kepada masyarakat.
Tujuan
didirikannya Usaha Ini
- Menciptakan lapangan pekerjaan kepada warga setempat
- Dapat meningkatkan taraf hidup kepada seluruh karyawan kami
- Mendidik karyawan kami Untuk menerapkan jiwa berwirausaha
- Dapat melatih kemandirian kepada seluruh karyawan kami.
- Meningkatkan pendapatan dan memperoleh keuntungan.
BAB III : PEMBAHASAN
Jenis
Produk Usaha
Produk yang kami jual
ialah jus buah kaya rasa yang bahan baku utamanya adah seluruh buah-buahan
segar, produk yang kami buat pun sangat bervariasi dan sesuai dengan permintaan
konsumen kami.
Modal Usaha Minuman
Biaya pembelian Meja dan Rak Rp 1.200.000,00
Blender Rp.500.000
pisau Rp.
10.000
Alat pengerut buah Rp. 15.000
-------------------------------------------------------------- +
Total
Rp . 1.715.000
Biaya operasional Usaha Minuman
Biaya pembelian aneka
Buah Rp . 4.000.000,00
Biaya Sewa Tempat Rp. 500.000
Biaya listrik, Air
dll Rp . 200.000,00
Transportasi Rp
. 150.000,00
Biaya lain - lain Rp . 200.000,00 +
-----------------------------------------------------------------------------
+
Total Rp, 5. 050.000
Omset per bulan
Omzet harian
rata-rata Rp 250.000,00
Omset bulanan @ Rp
250.000,00 x 30 hari =7.500.000,00
Laba bersih perbulan
ialah Rp 7.500.000,00 - Rp 5.050.000,00 =
Rp 2.450.000,00
Waktu
Kegiatan Produksi
Kegiatan produksi yang kami lakukan ialah 6 Hari dalam seminggu
(senin – jumat : 07.00 :
16: 00) (Sabtu : 07:00 – 12.000) (Minggu:
Libur).
Jumlah Karyawan
Diperlukan 3 orang yang diperlukan dalam usaha
pembuatan jus buah kaya rasa ini dengan rincian: 2 orang di bagian produksi dan
1 orang di bagian penjualan .
BAB IV : ASPEK PEMASARAN
Segmen
Pasar
Seperti yang kami bahas
di awal tadi bahwa target konsumen kami ialah masyarakat kelas mengenah ke
bawah terutama anak-anak dan para wanita yang menyukai jus buah segar.
Strategi
Pemasaran
Agar dapat meningkatkan
penjualan produk yang kami buat maka kami membuat strategi pemasaran yang
matang guna meraih penghasilan yang besar, yaitu dengan cara :
Menetapkan harga yang relative murah agar
semua konsumen dapat membeli produk
yang kami Jual.
Menyidiakan Tempat penjualan jus buah
di tempat-tempat yang sangat strategis.
Memenuhi kepuasan dan permintaan konsumen.
Promosi Usaha
Adapun promosi penjualan
yang kami lakukan ialah dengan cara:
Membuat Toko online untuk
dipasarkan lewat internet
Memasang
papan nama di depan tempat usaha kami.
Mempromosikan usaha kami
lewat radio dan surat kabar.
Sistem
Penjualan/Distribusi
Sistem penjualan produk yang kami gunakan dalam meningkatkan frekeunsi penjualan
produk ini adalah langsung dan menerima pesanan lewat telepon atau secara
langsung.
BAB V : PENUTUP
Kesimpulan
Berdasarkan uraian dan
penjelasan kami diatas maka kami mengharapkan kepada dukungan semua pihak yang
berkenan dalam membantu usaha kami agar lebih maju, kami siap menerima bantuan
dana berupa donasi, tambahan modal atau bantuan teknis lainnya agar usaha yang
kami buat lebih maju dan dapat mengurangi tingkat penganguran di Indonesia terutama
di wilayah sleman jogjakarta. terima
kasih
Baca juga : Meraup Untung Jutaan Dari Peluang Usaha Aksesoris
Baca juga : Meraup Untung Jutaan Dari Peluang Usaha Aksesoris
0 komentar:
Post a Comment